Links

Teori broadcasting

In Up to me on September 13, 2009 by Lambang Tagged: , , , , , , , ,

IMG_2563 IMG_2697

Menggunakan facebook, ternyata ada manfaatnya juga yach! walaupun di hari-hari yang lalu sempet terjadi beberapa kasus gara-gara pengguna akun FB menggunakanya di luar prosedur operasional atau menyalahi aturan yang ada. Seperti halnya, situs jejaring sosial ini saya gunakan untuk berkenalan dengan beberapa announcer di penjuru daerah di lingkup negara indonesia. Mulai dari radio terkenal sampai para staf yang ada, walaupun kelihatan SKSD ( sok kenal sok deket), setidaknya apa yang saya perbuat mempunyai tujuan yang positif untuk sharing bersama mengenai perkembangan dunia kepenyiaran di luar sana sebagai kaca perbandingan dengan apa yang dihadapi sekarang ini. Jadi bukan hanya untuk ajang pencarian jodoh ataupun pasangan yang mulai marak di kalangan masyarakat, sebab jika memulai dari sini saya anggap kurang etis karena perkenalan hanya lewat foto dan informasi personal yang tertera saja. Bisa dikatakan, kurang greget (nggak serius banget!) karena hanya dalam dunia maya bukan dunia nyata. Ya nggak salah sich sebenarnya, tapi lebih baik jika berkenalan secara langsung agar lebih leluasa untuk ngobrol 4 mata (mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing pihak). Nah, itu hanya sebagian kecil dari manfaat  menggunakan facebook/akun jejaringan sosial lainnya.

Setelah lama berkecimpung sebagai facebooker, akhirnya timbul inisiatif untuk mengumpulkan temen-temen penyiar radio di kota dan daerah lain. Tujuan yang sudah terencana hanya satu, menjadi tempat bertanya tentang keadaan kepenyiaraan di tempat masing-masing, siapa tau bisa untuk perbaikan di radio komunitas kampus. Segala kekurangan yang ada bisa diminimalisir dengan bertambahnya ilmu dari luar sana.

Selain berkenalan dengan beberapa orang “penjual suara” ntuh, bertemu dan bergabunglah saya dengan sebuah kelompok group Anak-anak broadcaster (Entertainment) dimana sekitar 400 lebih manusia yang terdiri dari waralaba, kawula muda, sampai fans biasa berkumpul di kesatuan ini. Di buat oleh seorang announcer juga berasal dari daerah bali dengan inisial nama yang tertera: Jaini munaiseche (Wah! Iklan nich. .). Dengan dia, sedikit juga banyak saya bertanya tentang dunia broadcast yang penah dipelajari (tapi sekarang sudah jarang. . semangat ane agak kendor dikit! mulai malez untuk mempelajari lebih dalam).

Dan selanjutnya, ada beberapa teori yang di sampaikanya di discussion board sebagai topik untuk teman-teman yang mau belajar radio:

TOPIC: MUSIK DAN RADIO, 19 maret 2009 at 1:35 pm

A. Musik di Radio

Sudah sejak lama radio menjadi partner utama Industri musik, pemutaran karya
musik yang baru di release(melalui radio), adalah strategi terbaik agar karya itu
segera dikenal, digemari dan dibeli oleh masyarakat. Sebaliknya masyarakat
pendengar radio, salah satu tujuannya untuk mengetahui produk musik terbaru
dari group, penyanyi atau warna musik yang digemari. Hubungan intim ini
paling tidak berlangsung hingga muncul era video klip di TV. Walaupun
sebenarnya saat ini pun industri musik tidak meninggalkan radio. Lalu berapa
jauh musik mempengaruhi dunia radio?.

B. Program Musik

Tentu bisa dipahami jika musik menjadi sal ah satu program utama suatu radio,
entah radio komersial, ataupun non komersial. Dan untuk membuat program
musik., broadcaster harus setia kepada format station yang telah dipilih(lihat
gambar).

1. Pilihan Pendengar

Hampir setiap format station yang mengacu pada musik,
memiliki program ini. Perencanaan dan penyelenggaraan sederhana.
Cukup pendengar memesan dan penyiar memutarnya.
Ada pula yang membuat program ini secara lebih terbatas,
misalnya pilihan pendengar(pilpen) lagu-lagu keroncong, pilpen
lagu pop saja, Katon Program, Beatles time dan lain-lain. Sedangkan
nama/judul programnya bisa apa saja tentu harus menarik
pendengar.

2. Tangga lagu/Chart

Program inipun banyak dijumpai di banyak radio. Program
ini mengembangkan popularitas suatu lagu, berdasark an data
pemesanan pendengar. Sayang banyak pula yang diproduksi asal jadi
berdasarkan asumsi produsen ataupun pesanan perusahaan
rekaman(kolusi)

3. New Release
Program yang menampilkan produk lagu -lagu baru. Biasanya
diproduksi perusahaan rekaman, untuk memperkenalkan produk
rekaman terbarunya.

4. Legenda

Program yang menampilkan profil dan karya penyanyi atau
group yang pernah(sangat) terkenal. Bisa pula digolongkan pada
jenis musiknya, misalnya Slow Rock legenda, jazz legenda, country,
dan lain-lain.

5. Sejak bersama

Program yang menampilkan satu penyanyi/group saja,
lengkap dengan profilnya. Masih banyak lagi program musik yang
bisa dibuat sesuai kebutuhan pendengar anda.

TOPIC: TIPS BROADCASTING, 19 maret 2009 at 1:47 pm

Kebutuhan akan hiburan dari dulu sampai sekarang tidak pernah habisnya, dari mulai yang sederhana sampai ke alat yang sudah serba digital di era zaman sekarang. Dan, salah satu sarana hiburan yang paling mudah sekaligus ekonomis untuk mendapatkannya adalah melalui media radio. Cukup berada di rumah, di jalan, atau dimana saja kita sudah bisa mendengarkan radio , sebagai contoh misalnya disela-sela pikiran yang stress. Dengan mendengarkan radio pikiran akan kembali fresh dan lupa akan semua hal yang membuat stress tadi sampai pada saat kita lagi kasmaranpun radio itu bisa membuat hati dan pikiran bermain dalam khayal, jadi sebenarnya radio itu punya banyak sekali kekuatan….. Tunggu lanjutannya

TOPIC: TEORI BROADCASTING (2), 22 maret 2009 at 4:05 pm

Jadi kekuatan dari radio itu adalah sebagai “Theater Of Mind” yang tidak dimiliki oleh media hiburan lainnya. Tetapi bukan berarti radio itu tidak memiliki musuh dalam hal menarik audiensnya dan musuh utama radio itu adalah televise. Televisi memiliki semua sarana untuk menarik audiensnya yang lebih lanjut disebut memiliki sarana audiovisual, melalui suara dan juga gambar, tapi hanya satu kelemahan televise yaitu theater of mind.

TOPIC: TEORI BROADCASTING 3, 24 maret 2009 at 10:50 am

Untuk menghadapi ancaman dari dunia pertelevisian, sekarang ini dunia peradioan juga tidak lagi hanya menghadirkan pemutaran lagu-lagu sebagai mana seperti standard radio biasa tapi berusaha untuk lebih mengemas acara-acara yang pada dasarnya mengajak emosi pendengar untuk tetap merasa ingin tahu acara-acara yang dihadirkan. Dan semua itu mebutuhkan tenaga dan pikiran yang kreatif untuk menciptakannya yang tentunya harus berkualitas.

TOPIC: BROADCASTING 4, 27 maret 2009 at 9:22 am

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk menciptakan suatu siaran radio itu berkualitas adalah:
1. Kualitas frekuensi dan modulasi (power suatu radio)
2. Jangkauan siaran
3. Dj radio / announcer
4. Acara
5. Peralatan / Equipment

Dalam hal ini seorang penyiar sangat menentukan bagaimana kualitas dari acara ataupun program yang dibawakannya di radio, yang akan di jabarkan dalam “RADIO WRITING”.

TOPIC: BROADCASTING 5, 31 maret 2009 at 7:41 pm

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk menciptakan suatu siaran radio itu berkualitas adalah:
1. Kualitas frekuensi dan modulasi (power suatu radio)
2. Jangkauan siaran
3. Dj radio / announcer
4. Acara
5. Peralatan / Equipment

Dalam hal ini seorang penyiar sangat menentukan bagaimana kualitas dari acara ataupun program yang dibawakannya di radio, yang akan di jabarkan dalam “RADIO WRITING”.

RADIO WRITING

Radio writing merupakan suatu pedoman seorang Dj Radio atau Announcer dalam membawa sebuah program acara radio supaya lebih terarah dan langsung pada topic yang sedang dibicarakan. Dengan kata lain untuk mendapatkan kualitas siaran yang baik harus memenuhi syarat-syarat radio writing.
Adapun tahapan-tahapan dari radio writing adalah sebagai berikut: (Belum dilanjutkan. .)


TOPIC: TEORI BROADCASTING 6, 3 april 2009 at 4:27 pm

Adapun tahapan-tahapan dari radio writing adalah sebagai berikut:

I.OLAH VOKAL

Pendengar radio tentunya sangat menginginkan informasi yang dihadirkan di radio itu jelas, padat dan berisi dan itu semuanya bergantung kepada Dj radio. Untuk mengantisipasi semuanya itu dituntut kepada vocal suara dari Dj radio yang terucap sangat jelas. Untuk mendapatkan vokal suara yangjelas harus berlatih olah vokal seperti halnya seorang penyanyi.

Olah vokal di sini banyak sekali kesamaannya dengan olah vokal dari penyanyi hanya olah vokal di radio tidak serumit atau seluas yang ada dalam dunia nyanyi. Untuk melatih vokal yang bagus sangat diperlukan Humming kuat dari seorang Dj radio.

Humming adalah suara diafragma yang keluar dari rongga dada dan akan terasa bergetar di hidung selanjutnya akan mengalir sampai ke seluruh wajah

1. mmmm…mmmmm…mmmmm…mmmmm…

2. mmmm…mmmaaaa…aaaaaaaa….aaaaaaaa…

3. mmmm…mmmmiiii…iiiiiiiiiiii….iiiiiiiiiiiii…
4. mmmm…mmmoooo…ooooooo…ooooooo…

5. mmmm…mmmuuuu…uuuuuuu…uuuuuuu…

6. mmmm…mmmeeee…eeeeeeee…eeeeeeeee..

7. mmmm…mmmaaaa…aaaaiiiiii…iiiiinnnnn…

8. mmmm…mmmaaaa…aaaaeeee…eeeennnn…

9. dst…kombinasi seluruhnya

Tunggu Selanjutnya……:


TOPIC: TEORI BROADCASTER 7, 24 april 2009 at 6:42 pm

II. READING
Reading adalah suatu teknik pembacaan script dalam siaran radio yang meliputi intonasi, aksentuasi, dan artikulasi.
Intonasi : Tinggi rendah atau naik turunnya suatu kata yang diucapkan.
Aksentuasi : Jelas tidaknya suatu kata diucapkan
Artikulasi : Jelas tidaknya pernafasan yang dilakukan ( suara diafragma ).III. SCRIPT WRITING
Untuk menghindari supaya tidak terjadi kesalahan pengucapan ataupun kehilangan kata-kata pada saat penyampaian info dalam siaran, seorang Announcer memerlukan panduan khusus yang di sebut dengan Script.
Script merupakan rangkaian susunan kalimat-kalimat yang akan diucapkan seorang Announcer yang ditulis ataupun diprint di dalam kertas sehinnga informasi yang disampaikan ke pendengar menjadi lebih singkat, jelas, dan padat.
Langkah-langkah pembuatan script: (Belum di lanjutkan. .)

6 Responses to “Teori broadcasting”

  1. terima kasih untuk tips trik nya sukses selalu dan semangat

  2. wah…….. saya mesti banyak belajar tentang broadcasting pada sampean nich😉

  3. KEPADA SAHABAT… SAMBUTLAH UCAPAN DARI SAYA. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI BAHAGIA. JARI SEPULUH DI SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAHABATAN KITA. SELAMAT HARI RAYA AIDIL FITRI 1 SYAWAL 1430 H. MOHON MAAF ZAHIR DAN BATIN. SALAM KEMESRAAN DARI SARIKEI, SARAWAK.

  4. Nice tips kang.. suwun..
    _________________________________________________

    Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa karim..

    Pada hari nan fitri ini, dari lubuk hati yang terdalam saya juga mohon maaf lahir dan batin entah disengaja ataupun tidak disengaja..

    Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1430 H.. Mohon Maaf Lahir dan Batin..🙂

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430
    Minal Aidin Wal Faizin.
    Mohon maaf lahir n Bathin.
    Maavin semua kesalahan Accan iah.. 😉

  6. mo tanya ada teori tentang kualitas diri penyiar… urgent… trimakasihhh.bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: