Articles

Lho, ada ya tips menjadi penyiar bintang!

In Broadcasting on January 28, 2010 by Lambang Tagged: , , , , , , , ,

Berselang beberapa hari menghabiskan waktu buat ngerjain tugas-tugas kampus yang dari makalahnya-lah atau tugas rutinitas lainnya memang sungguh mempenatkan. Ditambah sekarang pekerjaan menumpuk di kantor kesayangan (maklum, part time! Itung-itung biar nggak ngganggur nich otak ma otot, hehe. .) semuanya butuh selesai tepat waktu. Seperti belajar menghadapi pressure sejak dini walau kadang nyadar udah kelewat umur kepala dua, gege. It’s Ok! easy come easy go, hidup tu indah jika dirasa seperti ini, perlu ada lika-liku sebagai bumbu pemanis suasana dan keadaan. Jadi, nggak flat mulu!

Selain sekedar curcol diatas, kali ini pengen sedikit berbagi sesuatu yang semoga bisa dibilang bermanfaat bagi yang memerlukan. Soalnya bukan tak sengaja kebiasaan membaca buku out of the box (unformal) buat menghindari rasa jenuh berhari-hari sebab menghadapi assignment makalah yang berjubel entah berarah kemana, seakan mata ini butuh penyegaran baru dengan bacaan-bacaan anyar. Buku kali ini yang saya baca mengenai dunia PERS lingkup radio karya Awan Setiawan (seorang manajer program di sebuah radio swasta nasional di kota Bandung) dengan judul “BECOMING RADIO STAR”. (tumben-tumbenan diriku ini pengen baca buku yang begituan, ini bukan karena ilham atau mujizat yang menghampiri buat belajar lewat buku inih, hanya mumpung punya uang buat beli & nggak ada salahnya biar sekali-kali tau, syukur-syukur pinter abis ngebaca yang satu ini, hehe. .)

Cool man! Ternyata isinya bagus banget dah (It’s not PROMOSI). Selama ini anggapan yang salah tentang dunia broadcasting yang look-nya kelihatan susah banget kalau ingin belajar menggeluti jalur tersebut, semua terbantahkan. Bisa dibilang gampang-gampang susah setelah sedikit baca banyak artikel di buku tadi.

Salah satunya, disono tertulis gimana caranya biar jadi penyiar radio terkenal or katakanlah ‘Penyiar bintang’ pake sekelumit Tips, Diantaranya:

1. Jangan melawan atasan dalam memberikan kritik yang membangun. Percayalah, atasan kamu lebih mencintai penyiarnya ketimbang binatang peliharaannya.

2. Jangan terlalu banyak baca SMS. Ingatlah, baca SMS bukan bagian dari show, melainkan hanya tools untuk ke bagian show lainnya.

3. Rajin olahraga, rutin nonton, kurangi fast food. Memang nggak ada hubungannya secara langsung, tapi untuk menjaga kesehatan.

4. Jadilah ‘Gila’.

(Nah inini, yang terakhir kok sedikit nyeleneh? pake jadi Gila sagala. Yang kek mana tuh gilaNa? Apa harus pake atribut orang gila githu biar kegilaan yang belum ada bisa muncul dan dijiwai?) No no no. . Nggak segeneral itoeh maksud crazy disini. ini masih ada kaitannya dengan kekreatifitasan kok secara saya menerjemahkan. Boleh Gila, asal Kreatif dah.

Contoh Video Penyiar gila, terserah anda mengartikannya apakah ini Gila baik atau gila buruk. Yang jelas, jarang kok sekarang ini gila ampe jadi baik, hehe. .

Chek’e dot:

8 Responses to “Lho, ada ya tips menjadi penyiar bintang!”

  1. lha aku gak pinter ngomong je,jadi kekna gak da bakat jadi penyiar nie

  2. Saya juga dulu pengen banget jadi penyiar radio. Tapi sayangnya ndak pernah melakukan apa-apa untuk mewujudkannya. Kalo sekarang dah kemakan umur…😀

  3. wuiiii.. penyiar nih … dulu sempet pernah ditawarin, tapi berhubung udah kerja dan gak boleh melakukan sambilan pekerjaan lain… yang terpaksa ditunda keinginan itu -______-

  4. xixixixi
    nice book
    ente penyiar ya?😀

  5. penyiar ya? wah, gak kepikiran saya masuh bidang itu, masih banyak soalnya yang sangat fasih dalam hal bicara, sedangkan rumah stasiun radio masih sedikit yg ada, jadi ketat sekali saingannya

  6. okaaaaaaaaaaayyyy lu beli gua pinjaaaaaaaaammmmmmmm hixs😛

  7. oooooo…
    aku mu beli…
    dari kmrn muter cri buku tnntg dunia ini gax ad yg nyantol…
    blh ni d cb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: