Articles

Your job is not your career (actor into politic)

In Opinion on November 14, 2010 by Lambang Tagged: , ,

Saya bukan orang yang serius dan bukan pula orang yang suka bikin lucu orang sekitar. Nah, diposisi ini memang sangat membingungkan. Mending kalo serius ketika lagi ada UTS (ujian tengah semester) atau lucu di tengah gelak tawa teman-teman kampus, eh, ini mah serius ketika lagi dompet kosong dan lucu ketawa sendiri saat yang lain lagi bingung belum bikin makalah. Haduwh, terkutuklah! (koplak).

Dan saat ini posisi itu kembali datang dengan tiba-tiba, sehabis membaca salah satu  judul portal berita yang membuat ‘clingak-clinguk’. Gimana tidak, minggu pagi ini tidak saya habiskan untuk berolahraga besar-besaran hanya olahraga jari kecil-kecilan  di depan monitor sambil menyambangi BLOG yang sudah lama bertapa di alam bawah sadar sub-domain ini.  Yang membuat lebarnya mata ini adalah foto Andre Taulany, dimana setahuku dulu pernah menjadi vokalis di group band musik kawakan STINKY dan beralih profesi menjadi pelawak yang tiap malam sering saya tonton juga. Tepat di atas fotonya bertuliskan: “Hasil Pilkada Tangsel Mengundang Kerawanan Politik“. Lho! kok? (Garuk-garuk)

Terpa’an saya salah, anggapan yang muncul setelah memandangi fotonya si Andre adalah berita tentang dirinya di Opera van Java, tempat dimana dia mencari nafkah bebarengan dengan 3 sekawan yang saya anggap ‘cerdas dulu baru lucu’, Sule-Aziz-Parto. Nah, ternyata berita yang muncul sebenarnya mengenai keberadaan dirinya mencalonkan diri sebagai wakil walikota di daerah tangerang selatan berpasangan dengan Arsid (siapa itu? taulah!). Muncul lagi dari daftar artis yang mulai memasuki ranah politik. Itulah yang saya bingungkan, apa mereka tidak merasa nyaman menjadi artis ibukota yang kita tahu selalu muncul di media cetak dan elektronik, tenar dimana-mana, benar-benar ‘Wah!’ dalam kesehariannya (pandangan dari televisi, asli atau ter-setting), dan satu lagi: Punya Fans. Saya lebih suka kalau mereka mengembang kreatifitas yang ada di dunia yang sudah membesarkan nama dan karier mereka, daripada harus masuk dunia baru yang terlihat tidak ada bakat di bidang perpolitikan. Okelah, kesuksesan beberapa artis sebelumnya memang ada dari Om Rano karno  sampai Primus  yustisio yang sekarang sudah jarang muncul di layar televisi sebab mengurusi rakyat dikursi baru mereka. Setidaknya dari pihak yang mencalonkanpun harus mempertimbangkan faktor lain diluar faktor ketenaran. Atau bisa di tes dulu, pahamkah para artis tentang rakyat dan keadaan indonesia sekarang. Kita butuh perwakilan yang jelas dalam kepengurusan wilayah, bukan mengandalkan akting semata dan modal tampang. Alhasil, tidak ada kata kecewa dan merugikan segala pihak terutama masyarakat yang sudah mencoblos dan mencontrengnya.

Dan buat mas Andre Taulany, pakek gayanya si Ikal di Sang Pemimpi: “Udahlah Boy, ngelawak ajalah. . Abang lebih kelihatan cerdas di panggung tuh!” (atau nggak, kembali nyanyi wae, hehe)

 

5 Responses to “Your job is not your career (actor into politic)”

  1. ya itulah permasalahan politik kita …. maaf dengan standard akademis yang minim (walaupun akhirnya yang terjaring beragam) dan popularitas yang didukung finansial yang mampu memangkas jalur karir politik dan melahirkan insan “instan” politik, saya sering berpikir bahwa kebanyakan dari mereka bukanlah “the right man on the right place”.

    untuk Taulany Andre …. bener kata mas “Lambang S”, pekerjaan yang akan anda tekuni mungkin akan membuat anda sulit tertawa dan cepat terlihat tua. Karena anda tidak sekedar akan menghibur tapi melayani.

    • berarti muncul paham tentang “The right candidat on the charming man”, ya modal awal untuk mengenalkan kandidat khan sudah tidak di perlukan lagi mengingat kepopuleran artis berkiprah dahulu.
      Semoga semua tersadarkan.

  2. lebIeh Baek nYanyIe Lagi , DarI Pada IkUet terJuen k’dUnIa HibUran . . .

    Om tHo baeK nYanYi oR nGelAWak . . .
    OkY

  3. jalur karir politik dan melahirkan insan “instan” politik, saya sering berpikir bahwa kebanyakan dari mereka bukanlah “the right man on the right place”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: